Selasa, 10 November 2009

Kebijakan Penetapan Harga

Mata kuliah : Perilaku Konsumen Nama : Octaviani P.
Materi : Harga NPM : 10207832


Kebijakan Penetapan Harga

Harga sangat mempengaruhi permintaan akan suatu barang ataupun jasa. Dalam hal penentuan harga bagi seorang produsen sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada keputusan dalam perkembangannya maupun kemunduran usahanya. Oleh karena itu penentuan harga perlu diperhitungkan dengan cermat dan hati-hati.
Kenaikkan harga pada saat hari raya Lebaran atau pada saat-saat event acara lainnya sangat berpengaruh pada konsumsi akan suatu barang oleh konsumen. Apalagi pada saat hari raya Lebaran tahun ini (2009), banyak harga-harga barang terutama harga sembako yang mengalami kenaikkan harga yang tinggi, kira-kira hampir sekitar 20-50%. Dalm hal ini sembako cenderung mengalami peningkatan harga karena adanya peningkatan permintaan sembako oleh konsumen yang semakin meningkat, walaupun pada kenyataannya harga-harga yang ditawarkan tidak seperti harga biasanya. Namun konsumen tetap tertarik untuk tetap membeli sembako dangan harga yang relative melonjak jauh dari harga biasanya karena faktor kebutuhan mereka yang mengharuskan dan mendesak para konsumen untuk tetap mengkonsumsinya.
Kenaikkan harga ini tidak hanya berpengaruh pada sembako dan produk-produk makanan lainnya, tapi juga berpengaruh terhadap kenaikkan harga akan barang lain seperti pakaian dan kebutuhan yang lainnya.
Pada pakaian perubahan harga terjadi dengan memberikan beberapa potongan atau diskon untuk menarik para konsumen membelinya, konsumen cenderung tertarik pada barang-barang yang mengalami perubahan harga seperti membeli diskon atau potongan lainnya. Harga yang ditawarkan pada saat hari raya Lebaran yang berpengaruh pada pakaian bertujuan untuk mendorong penyalur meningkatkan pembelian.
Dalam hal pembelian produk-produk tertentu sering kali pembeli mengaitkan antara harga dan kualitas akan barang tersebut. Terutama untuk produk-produk barang yang jarang atau langka. Harga yang dikeluarkan dan ditetapkan pada saat hari-hari besar atau event-event spesial lainnya mempengaruhi perubahan dan permintaan akan barang dan jasa. Untuk itu kebijakan harga yang dibuat pada saat hari besar atau event-event tertentu akan menimbulkan dampak negatif dan positif yang berpengaruh pada konsumen terhadap perubahan tersebut. Seperti dapat mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan ( dimana harga rendah dapat meningkatkan konsumsi masyarakat dan upah yang tinggi bagi jasa masyarakat yang akan mempengaruhi perilaku konsumsinya).
Kebijakan harga juga dapat dilakukan dengan memberikan kredit dengan bunga yang rendah bahkan sampai nol persen. Kebijakan-kebijakan ini digunakan untuk menarik minat konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka.



Referensi :
Budiharto, Teguh.Seri Diktat Kuliah Dasar Pemasaran. Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar